Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Motor Listrik Mahal? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenapa Motor Listrik Mahal? Ternyata Ini Penyebabnya!

Mengapa sepeda motor listrik mahal? Pertanyaan ini mungkin tersembunyi di banyak penggemar mobil, termasuk Anda. Pasalnya, harga sepeda motor listrik biasanya lebih mahal dari kebanyakan sepeda motor konvensional.

Meski beberapa merek motor listrik Indonesia seperti ECGO dan Elvindo menawarkan harga yang murah, namun dari segi spesifikasi diyakini masih belum bisa menandingi motor 125cc.

Sedangkan untuk roda dua elektrik Gesits 2023 yang memiliki spesifikasi kurang lebih setara dengan 125 cm harganya mungkin lebih mahal dari Honda Vario 125 baru lho.

Hal ini tentu menjadi pertimbangan tersendiri sebelum Anda memutuskan untuk beralih ke kendaraan yang ramah lingkungan. Lantas apa penyebab mahalnya harga sepeda motor listrik? Lihat jawabannya di artikel menarik ini!

1. Harga Baterai Yang Tinggi

Salah satu faktor terbesar di balik mahalnya harga sepeda motor listrik adalah meroketnya harga komponen baterai. Seperti diketahui, baterai merupakan komponen mobil listrik termahal hingga saat ini.

Bukan tanpa alasan, karena baterainya sendiri masih diimpor dari negara lain, sehingga harganya pun lebih mahal. Padahal, harga baterai sepeda motor listrik bisa mencapai 40% dari harga satu unit motor.

Misalnya, model baru sepeda motor Gesit yang harganya Rs 28 crores memungkinkan slot baterai tambahan yang bisa Anda beli sendiri. Namun, harga baterai paling murah dijual dengan harga DKK 8,5 juta. Rp. Jika Anda menginginkan baterai dengan kapasitas lebih tinggi, maka Anda perlu merogoh kocek lebih dalam.

Sebagai solusi untuk menurunkan harga baterai sepeda motor listrik di pasaran, tentunya harus menghadirkan industri dalam negeri. Jika baterai tersebut nantinya bisa diproduksi secara massal di dalam negeri, diharapkan harganya akan lebih murah.

2. Masih dalam Pengembangan

Tidak dapat dipungkiri bahwa motor listrik merupakan teknologi baru yang belum banyak digunakan. Sejalan dengan itu, teknologi ini terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Oleh karena itu, wajar jika beberapa komponen motor listrik masih sangat mahal. Uji teknologi masih berlangsung, disertai dengan penelitian terbaru.

Jika industri ini sudah masif dan fiturnya sudah diterima masyarakat untuk menggantikan sepeda motor konvensional, maka sedikit demi sedikit pasti harganya akan terus turun sehingga lebih terjangkau.

3. Menunggu Subsidi Pemerintah

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perhubungan sedang menyiapkan subsidi untuk pembelian sepeda motor listrik. Apalagi setelah subsidi bahan bakar minyak (BBM) dihapus, anggaran akan dialihkan ke sektor ini.

Roadmap juga telah disusun untuk pengembangan industri kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) pada tahun 2025. Dengan peraturan baru ini, diharapkan akan memudahkan masyarakat untuk memiliki sepeda motor listrik.

4. Komponen Berkualitas Tinggi

PT Wika Industri Manufaktur (WIMA) selaku produsen Gesits menanggapi anggapan bahwa banyak sepeda motor listrik yang beredar di pasaran, termasuk produk Gesits sendiri, tinggi.

Menurut perusahaan, rangkaian komponen berkualitas baik dan teknologi yang andal membuat sepeda motor listrik relatif lebih mahal daripada sepeda motor bensin.

Namun hal ini cukup penting karena menyangkut keselamatan dan kenyamanan berkendara. Tentu Anda tidak ingin sepeda motor listrik yang Anda beli banyak kerepotan bukan?

Selain itu, sebagian besar sepeda motor listrik juga menggunakan instrumen yang sepenuhnya digital untuk fungsi yang diusungnya. Berbasis speedometer digital, sehingga bisa dikoneksikan ke smartphone, hal ini juga mempengaruhi harga yang dipatok pabrikan di pasaran.

Itu tadi penjelasan yang bisa TunjukAtap berikan untuk pertanyaan kenapa motor listrik itu mahal. Penyebabnya tentu saja terletak pada banyak faktor, salah satunya yang terpenting adalah mahalnya harga baterai untuk motor listrik itu sendiri.

Harapannya agar Anda lebih paham dan percaya bahwa itu adalah hal yang wajar. Semoga kedepannya semakin banyak produsen mobil yang ikut berlomba menghadirkan sepeda motor listrik berperforma tinggi dengan harga terjangkau. Bukankah begitu?

Baca artikel dan berita menarik dari TunjukAtap lainnya di Google News