Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Terbaik! 5 Aplikasi Penghitung Kalori untuk Pelaku Diet

Rekomendasi Terbaik! 5 Aplikasi Penghitung Kalori untuk Pelaku Diet

Berbagai aplikasi penghitung kalori dapat menjadi alat yang berguna untuk mencatat asupan kalori harian Anda. Bagi Anda yang sedang menjalani diet, mencatat jumlah kalori yang dikonsumsi dari makanan dan minuman merupakan salah satu kunci keberhasilan program diet. 

Laporan dari Healthline, penelitian menunjukkan bahwa orang yang mencatat kalori mampu menurunkan berat badan dengan lebih efektif dan cenderung berhasil mempertahankan berat badan dalam jangka panjang.

Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi penghitung kalori yang dapat Anda manfaatkan untuk mendukung program diet Anda:

1. Fatsecret

Fatsecret adalah aplikasi penghitung kalori yang bisa Anda unduh atau akses melalui situs secara gratis. Aplikasi ini dapat diintegrasikan dengan aplikasi kebugaran lainnya, seperti Google Fit, Samsung Health, dan Fitbit, sehingga dapat meningkatkan kesuksesan program diet Anda. 

Terdapat juga sejumlah tips kesehatan yang membantu Anda menyusun program diet yang lebih terarah. Informasi gizi makanan dan minuman yang lengkap membuat aplikasi ini menjadi pilihan yang tepat untuk mencatat asupan kalori Anda.

2. Lose It! App

Lose It! App merupakan aplikasi penghitung kalori lain yang mudah digunakan. Anda dapat menghubungkannya dengan pedometer atau perangkat kebugaran lainnya. Aplikasi ini menyediakan buku harian makanan yang sederhana dan mudah digunakan. 

Anda juga bisa memindai barcode kemasan makanan untuk menghitung kalori yang terkandung di dalamnya dan langsung memasukkan informasinya ke dalam buku harian makanan Anda.

3. MyFitnessPal

MyFitnessPal merupakan salah satu aplikasi penghitung kalori untuk diet yang paling populer. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memasukkan data seperti berat badan dan tinggi badan untuk menghitung kebutuhan kalori harian Anda. 

Selain itu, Anda dapat mencatat asupan makanan dan minuman dengan memilih dari daftar makanan yang sudah tersedia atau memasukkan detail nutrisi makanan sendiri. MyFitnessPal juga mencatat aktivitas olahraga yang Anda lakukan. Aplikasi ini bahkan memungkinkan Anda mengunggah foto makanan untuk memudahkan melacak program diet Anda.

4. MyNetDiary

MyNetDiary cocok bagi Anda yang fokus pada detail dalam program diet, seperti menghitung kalori, menerapkan pola makan vegan dan vegetarian, rendah karbohidrat, serta keto. Ketika Anda mengunduh aplikasi MyNetDiary, Anda akan diminta untuk menjawab serangkaian pertanyaan yang membantu menentukan kebutuhan kalori harian Anda dan melengkapi informasi lainnya. 

Anda juga dapat mengintegrasikan MyNetDiary dengan perangkat kebugaran lain, seperti Fitbit, Apple Watch, Garmin, hingga Google Fit untuk meningkatkan keberhasilan program diet Anda.

5. Carb Manager

Bagi Anda yang menjalani diet keto atau rendah karbohidrat, Carb Manager adalah pilihan aplikasi penghitung kalori yang sesuai. Aplikasi ini memungkinkan para pelaku diet keto untuk memantau rutinitas mereka dengan baik melalui tiga kalkulator berbeda. 

Kalkulator pertama untuk menghitung asupan karbohidrat, kalkulator kedua untuk menghitung asupan protein, lemak, dan nutrisi lainnya, serta kalkulator ketiga untuk mencatat total konsumsi kalori harian. Carb Manager menyediakan resep masakan diet keto yang dapat dicoba, menjadikannya pilihan yang lengkap bagi Anda yang mengikuti diet keto.

Dengan menggunakan aplikasi-aplikasi di atas, Anda dapat lebih mudah dan efektif dalam mencatat asupan kalori tubuh Anda. Jangan lupa untuk selalu menjaga pola makan yang sehat. Semoga kita semua selalu sehat dan dilindungi oleh Yang Maha Kuasa!

Baca artikel dan berita menarik dari TunjukAtap lainnya di Google News