Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Bansos PKH yang Cair Bulan Ini, Siapkan KTP

Kabar kapan bansos PKH yang cair bulan ini sangat dinanti masyarakat yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS Kemensos).

Bansos PKH yang cair bulan ini akan diterima oleh penerima yang terdaftar dalam DTKS dan sesuai kriteria penerima PKH menurut Kemensos.

Perlu diketahui, Program Keluarga Harapan (PKH) tetap berjalan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan. Penerima bansos PKH adalah keluarga miskin atau kurang mampu yang tergolong Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Bagi Anda yang tergolong Keluarga Penerima Manfaat bisa cek nama penerima PKH ataupun status bansos PKH yang cair bulan ini menggunakan KTP.

Sebagai alternatif, pemerintah juga memberikan kemudahan dalam mengecek nama penerima PKH ataupun status bansos PKH melalui platform Aplikasi Cek Bansos. Dengan aplikasi tersebut, Anda bisa mengeceknya lewat HP.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengecek apakah keluarga Anda terdaftar sebagai penerima bansos!

> Akses dan download Aplikasi Cek Bansos. Disitu akan muncul nantinya penerima ataupun status apakah bansos PKH yang cair bulan ini sudah disalurkan atau tidak.

> Ikuti arahan pengisian seperti memasukkan tempat tinggal Anda, mulai dari Provisi, Kabupaten, Kecamatan dan Desa. Ingat, pengisian tersebut harus sesuai dengan tempat tinggal Anda.

> Selanjutnya, Anda diminta memasukkan identitas diri penerima. Masukkan nama Anda sesuai dengan KTP dan Anda juga akan diminta untuk memasukkan kode captcha sebanyak 8 huruf yang telah tersedia.